PENDAHULUAN
Pendekatan Problem Posing adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran dimana siswa diminta untuk merumuskan, membentuk dan mengajukan pertanyaan atau soal dari situasi yang disediakan. Dengan diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing dalam pembelajaran matematika, diharapkan dapat menjadikan kemampuan penalaran matematika siswa lebih baik dari biasanya.
Problem Posing merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk berfikir kritis sekaligus dialogis, kreatif dan interaktif yang ditungkan dalam bentuk pertanyaan (B. Suryosubroto, 2009 : 203).
Pendekatan Problem Posing diharapkan dapat memancing siswa untuk menemukan pengetahuan yang bukan diakibatkan dari ketidaksengajaan melainkan melalui upaya mereka untuk mencari hubungan-hubungan dalam informasi yang dipelajarinya. Sebagian ahli menyatakan bahwa Problem Posing sebagai pengajuan masalah, merupakan suatu bentuk pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan pada perumusan soal dan menyelesaikannya berdasarkan situasi yang diberikan kepada siswa. Karena soal dan penyelesaiannya dirancang sendiri oleh siswa, maka dimungkinkan bahwa Problem Posing dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis atau menggunakan pola pikir matematis.
Salah satu strategi yang efektif dalam menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan tentunya dengan melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi di kelas. Pembelajaran dengan suasana belajar aktif dan bermakna. Salah satu pendekatan pembelajaran yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu “Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika”.