Rabu, 17 Agustus 2016

MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dunia pendidikan sekarang dituntut untuk senantiasa melakukan inovasi dalam pembelajaran, dalam berbagai aspek. mulai dari visi, misi, tujuan, program, layanan, metode, teknologi, proses, sampai evaluasi. Bagi seorang Pendidik, pemilihan model pembelajaran hendaknya dilakukan secara cermat, agar pilihan itu tepat atau relevan dengan berbagai aspek pembelajaran yang lain, efisien dan menarik. Model Elaborasi pengajaran pada awalnya dikemukakan oleh Reigeluth dan Stein (1983). Teori Elaborasi yang memiliki komponen yaitu: urutan elaborative urutan utama pembelajaran, rangkuman (summarizer), sintesis (syntherizer), analogi, pengaktif strategi kognitif (cognitive strategy activator) dan kontrol belajar memberikan kemungkinan yang sangat luas untuk mewujudkan kompetensi tersebut .

Senin, 15 Agustus 2016

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS



BAB I
PENDAHULUAN
Selama ini, Metode ceramah sering digunakan dalam setiap pembelajaran termasuk matematika. Dan ternyata belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan mereka seperti kemampuan untuk menyampaikan ide atau gagasan, kemampuan menyelesaikan masalah dan kemampuan-kemampuan yang lainnya.

Kamis, 11 Agustus 2016

MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING


Model pembelajaran sangatlah penting dalam mencapai hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Oleh karena itu, pada zaman sekarang banyak bermunculan berbagai macam model pembelajaran. Namun sebelum banyak membahas model pembelajaran penulis mengajak kepada pembaca untuk memahami beberapa istilah atau pengertian yang sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa atau sebagai bahan pertimbangan ketika hendak menggunakan salah satu model pembelajaran.

Senin, 13 Juni 2016

MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM PADA PELAJARAN MATEMATIKA




A.    Pengertian Model Pembelajaran Superitem
Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Proses pembelajaran merupakan interaksi semua komponen atau unsur yang terdapat dalam pembelajaran yang satu sama lain saling berhubungan dalam sebuah rangkaian untuk mencapai tujuan. (Usman, 2000: 4)
Yang termasuk dalam komponen pembelajaran adalah tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian. Metode mengajar yang digunakan guru hampir tidak ada yang sia-sia, karena metode tersebut mendatangkan hasil dalam waktu dekat atau dalam waktu yang relative lama. (Sudjana, 1989: 30)

Model Pembelajaran SAVI (Somatik, Auditori, Visual dan Intektual)



Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto, 2003 : 2). Perubahan itu bersifat bersifat relatif konstan dan berbekas. Dalam kaitan ini, proses belajar dan perubahan merupakan bukti hasil yang diproses. Belajar tidak hanya mempelajari mata pelajaran, tetapi juga penyusunan, kebiasaan, persepsi, kesenangan atau minat, penyesuaian sosial, bermacam-macam keterampilan lain, dan lain-lain (Hamalik, 2002 : 45). Dengan demikian, seseorang dikatakan belajar apabila terjadi perubahan pada dirinya akibat adanya latihan dan pengalaman melalui interaksi dengan lingkungan.

Sabtu, 11 Juni 2016

MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF



BAB I
PENDAHULUAN

Matematika sebagai ilmu dasar bagi pengembangan disiplin ilmu yang lain memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Oleh karena itu, mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang potensial untuk diajarkan di seluruh jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar, untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis serta kemampuan bekerja sama sehingga tercipta kualitas sumber daya manusia sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Kamis, 09 Juni 2016

MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE



BAB I
PENDAHULUAN
Ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas, pada dasarnya guru tersebut sedang mempraktekkan model pembelajaran. Dalam proses kegiatan pembelajaran seorang guru sebelumnya pasti akan mempersiapkan lebih dahulu apa yang akan disampaikan pada siswa dengan menyusun persiapan mengajar atau rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran memuat topik yang dibahas, tujuan pembelajaran, alat-alat yang perlu digunakan, langkah-langkah pembelajaran atau skenario pembelajaran, dan penilaian yang akan dilakukan.

Sabtu, 04 Juni 2016

MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)

BAB I
PENDAHULUAN

Tujuan pendidikan nasional pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pencapaian tujuan pembelajaran nasional dituangkan dalam kurikulum pendidikan nasional yang berbunyi : “ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri, menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab. “Undang-Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 (dalam Arifin 2007 : 98)”.

Minggu, 17 April 2016

MODEL PEMBELAJARAN SCREMBLE


BAB I
PENDAHULUAN

Model pembelajaran merupakan salah satu pendekatan dalam rangka mensiasati perubahan perilaku peserta didik dan sangat erat kaitannya dengan gaya belajar peserta didik (learningstyle) dan gaya mengajar guru (teaching style) atau style learning and teaching (Hanafiah danSuhana,2009:41).
Model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas maupun tutorial dan sebagai kerangka konseptual kerangka konseptual yang melukiskan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar (Suprijono 2010:46). Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dimaksudkan sebagai pola interaksi siswa dengan guru didalam kelas yang menyangkut strategi, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran didalam kelas. Model pembelajaran adalah suatu upaya atau usaha membelajarkan peserta didik agar suasana dan kegiatan belajar dapat berlangsung dengan baik dan tidak membosankan.

Jumat, 15 April 2016

MODEL PEMBELAJARAN K.U.A.S.A.I



BAB I
PENDAHULUAN
    Pendidikan merupakan kebutuhan primer pada saat ini, apalagi sebagian besar masyarakat sudah menyadari pentingnya pendidikan dalam menata masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu setiap negara senantiasa berusaha memajukan bidang pendi-dikan, disamping bidang yang lain dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang kompetitif dan berkualitas serta berusaha mengejar kemajuan negara lain.

Kamis, 14 April 2016

MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia dalam meningkatkan taraf  hidup  lebih baik dan berbudaya dalam kehidupannya. Dalam dunia pendidikan guru sebagai salah satu ujung tombak dalam keberhasilan suatu pendidikan. Untuk itu perlu adanya penigkatan kualitas guru dalam membawakan materi ajar. Baik berupa cara menyampaikan ataupun materi yang akan di sampaiakan. Untuk itu saya membuat makalah ini berharap bias digunakan oleh guru-guru untuk meningkatkan dirinya dalam menyampaikan materi sehingga tidak terjadi kebosanan dalam mengajar