Senin, 11 April 2016

MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

BAB I
PENDAHULUAN

Model pembelajaran sebagai suatu strategi pembelajaran yang di gunakan oleh para pengajar, dimana dengan adanya model pembelajaran tersebut akan mempermudah siswa memahami  materi yang di ajarkan oleh gurunya dan sebagai suatu inovasi pembelajaran di Indonesia, yang dimana pada waktu dulu kegiatan pembelajaran yang lebih mendominasi adalah pengajarnya, dengan adanya model pembelajaran yang berkembang di Indonesia sekarang ini   yang mendominasi KBM tidak hanya gurunya saja melainkan siswa juga terlibat secara aktif dalam kegiatan KBM.
Model pembelajaran yang berkembang  di Indonesia sekarang ini sudah banyak dan salah satunya adalah model pembelajaran MIND MAPPING, dan di makalah ini akan di bahas lebih lanjut lagi mengenai model pembelajaran MIND MAPPING.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Teori Model pembelajaran (mind mapping)
Mind mapping merupakan cara untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambilnya kembali ke luar otak. Bentuk mind mapping seperti peta sebuah jalan di kota yang mempunyai banyak cabang. Seperti halnya peta jalan kita bisa membuat pandangan secara menyeluruh tentang pokok masalah dalam suatu area yang sangat luas. Dengan sebuah peta kita bisa merencanakan sebuah rute yang tercepat dan tepat dan mengetahui kemana kita akan pergi dan dimana kita berada.
Mind merupakan gagasan berbagai imajinasi. Mind merupakan suatu keadaan yang timbul bila otak (brain) hidup da sedang bekerja (Taufik Bahaudin, 1999: 53). Lebih lanjut Bobbi deporter dan Hernacki (199: 152) menjelaskan, peta pikiran merupakan teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk suatu kesan yang lebih dalam.
Mind mapping bisa disebut sebuah peta rute yang digunakan ingatan, membuat kita bisa menyusun fakta dan fikiran sedemikian rupa sehingga cara kerja otak kita yang alami akan dilibatkan sejak awal sehingga mengingat informasi akan lebih mudah dan bisa diandalkan daripada menggunakan teknik mencatat biasa.
Konsep Mind Mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Teknik ini dikenal juga dengan nama Radiant Thinking. Sebuah mind map memiliki sebuah ide atau kata sentral, dan ada 5 sampai 10 ide lain yang keluar dari ide sentral tersebut. Mind Mapping sangat efektif bila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang kita miliki dan membuat asosiasi di antara ide tersebut. Mind Mapping juga berguna untuk mengorganisasikan informasi yang dimiliki. Bentuk diagramnya yang seperti diagram pohon dan percabangannya memudahkan untuk mereferensikan satu informasi kepada informasi yang lain.
Mind mapping merupakan tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menggabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Dengan metode mind mapping siswa dapat meningkatkan daya ingat hingga 78%.

Menurut Svantesson (2004:1) mind mapping atau peta pikiran adalah suatu teknik pembuatan catatan-catatan yang dapat digunakan pada situasi, kondisi tertentu seperti dalam pembuatan perencanaan, penyelesaian masalah, membuat ringkasan, membuat struktur, pengumpulan ide-ide, untuk membuat catatan, kuliah, rapat, debat dan wawancara.
Dimana istilah peta pikiran (mind mapping) merupakan salah satu strategi mencatat yang penuh dengan variasi baik berupa gambar atau yang lainnya, dan dapat membantu siswa mengingat perkataan atau bacaan, agar dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi beserta prestasi yang dimiliki siswa, serta membantu mengelompokkan materi dan memberikan wawasan baru untuk siswa.
Catatan yang siswa buat membentuk sebuah pola gagasan yang saling berkaitan, dengan topik utama di tengah dan di sub topik dan perincian menjadi cabang-cabangnya, tekhnik ini dikenal juga dengan nama Radian Thinking.
Cara terbaik penggunaan mind mapping adalah dengan menggunakannya sendiri. Contohnya untuk seorang guru saat mengajar buatlah mind mapping pada papan tulis atau sudah disediakan dalam bentuk peta di atas kertas, yang sudah dirangkai terlebih dahulu di rumah. Materi yang biasanya dibuat dalam bentuk linier atau lurus dapat pula diubah menjadi peta pikiran. Cara ini menenangkan, menyenangkan dan kreatif yang menjadikan fikiran siswa tidak akan berhenti disitu saja karena mengulangi catatan, apabila catatannya menggunakan konsep mind mapping.
Selain contoh di atas, Mind Mapping mudah dipraktekkan. Mind Mapping sangat mudah dipraktekkan dalam setiap kegiatan sehari-hari. Bahkan untuk hal-hal yang bersifat pribadi sekalipun. Misalnya menggunakan mindmap untuk merencanakan kegiatan keluarga. Seperti yang diceritakan dalam buku ini. Tentang sebuah keluarga yang menggunakan mindmap baik harian, mingguan, tahunan, dan juga acara-acara istimewa.
Mind Mapping sebagai data base yang tak terbatas. Ya, Mind Mapping tak beda dengan sistem komputer buatan manusia. Dalam mindmap, komputernya sendiri adalah otak manusia. Karenanya tiap orang tentulah memiliki apa yang namanya data base pribadi.
Bedanya mindmap tak terbatas, dan mampu mempunyai sistem memory yang super canggih melebihi system computer secanggih apapun. Tentu saja, bukankah otak manusia buatan Tuhan memang bagaikan ruang tak berbatas?
    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mind mapping adalah salah satu strategi mencatat yang kreatif, dengan penuh variasi bisa berupa gambar, simbol atau yang lainnya, yang dapat memudahkan siswa dalam mengingat informasi.
    Menurut Mike Hernacki dan Bobbi Deporter (2011:172) mind mapping memiliki  dua manfaat diantaranya :
?    Manfaat secara umum, diantaranya :
a.    Fleksibel
Didalamnya jika seorang pembicara tiba-tiba teringat untuk menjelaskan suatu hal tentang pemikiran, anda dapat dengan mudah menambahkannya di tempat yang sesuai dalam peta pikiran anda, tanpa harus kebingungan.
b.    Dapat Memusatkan Perhatian
Anda tidak perlu berfikir untuk menangkap setiap kata yang dibicarakan. Sebaiknya, anda dapat berkonsentrasi pada gagasan-gagasannya.
c.    Meningkatkan Pemahaman
Ketika membaca suatu tulisan atau laporan teknik, peta pikiran akan meningkatkan pemahaman dan memberikan catatan tinjauan ulang yang sangat berarti nantinya.
d.    Menyenangkan
Imajinasi dan kreativitas anda tidak terbatas dan hal itu menjadikan pembuatan dan peninjauan ulang catatan lebih menyenangkan.
e.    Merencana
f.    Memudahkan Berkomunikasi
g.    Menjadi lebih Kreatif
h.    Menghemat Waktu
i.    Menyelesaikan Masalah
j.    Memusatkan Perhatian
k.    Menyusun dan Menjelaskan Fikiran-fikiran
l.    Mengingat dengan lebih baik
m.    Belajar Lebih Cepat dan Efisien
n.     Melihat gambar keseluruhan
o.    Mudah membuat detail rencana
p.    Mudah Berkonsentrasi
q.    Mengatur dan menjernihkan fikiran
r.    Dapat tetap bertahan hidup

?    Manfaat Untuk pelajar atau siswa, diantaranya :
a.    Belajar lebih cepat dan efisien
b.    Belajar dengan lebih mudah
c.    Belajar lebih menyenangkan
d.    Lulus ujian dengan nilai-nilai baik
Mind mapping (peta pikiran) ini didasarkan pada detail-detail dari suatu peta pikiran yang mudah diingat karena mengikuti pola pemikiran otak. Rose dan Malcom (2006:77) menambahkan strategi visual ini mempunyai beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut :
a)    Mengingat orang melalui penglihatan, mengingat kata-kata dengan melihat tetapi perlu waktu yang lebih lama untuk mengingat susunan atau urutan abjad jika tidak disebutkan awalnya.
b)    Kalau memberi atau menerima penjelasan arah lebih suka memakai peta atau gambar.
c)    Aktivitas reatif : menulis, menggambar, melukis, merancang.
d)    Mempunyai ingatan visual yang bagus, dimana ketika kita ingat saat meninggalkan sesuatu dalam beberapa hari yang lalu.
Menurut Buzan (2003:122) teknik pembuatan catatan dan pengelompokkan pikiran yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan seluruh otak yang harus menyertakan tidak hanya kata-kata, angka, rangkaian, dan juga garis-garis tetapi juga dengan warna, gambar-gambar, dimensi, simbol-simbol itulah peta pikiran atau mind mapping.
Adapun arti serupa dengan mind mapping yaitu peta konsep atau peta pembelajaran yang merupakan cara-cara untuk menangkap butir-butir pokok informasi yang ditunjukkan mirip seperti otak kita yang sedang berfungsi di berbagai arah secara bersamaan.
?    Perbedaan Catatan Biasa dan Mind Mapping
Menurut Iwan Sugiarto (2004:76) catatan biasa dan mind mapping dapat di bedakan, diantaranya :
?    Catatan biasa
?    Hanya berupa tulisan-tulisan saja
?    Hanya dalam satu warna
?    Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang lama
?    Waktu yang diperlukan untuk belajar lebih lama

?    Mind Mapping
?    Berupa tulisan, symbol dan gambar
?    Berwarna-warni
?    Untuk mereview ulang diperlukan waktu yang pendek
?    Waktu yang diperlukan untuk
?    belajar lebih cepat dan efektif
?    Statis Membuat individu menjadi kreatif

Kapan Mind Mapping digunakan?
1)    Saat ingin menemukan ide yang inovatif dan jalan keluar yang kreatif.
2)    Saat memahami suatu hal seperti : membaca buku, materi, ataupun yang lain.
3)    Saat ingin mengingat informasi secara efektif dan efisien.
4)    Saat ingin menetapkan sebuah tujuan, dan langkah-langkah untuk mencapainya.
5)    Saat sedang berpikir untuk mengubah dan meningkatkan prestasi atau karir.

Siapa pengguna Mind Mapping?, Saat ini Mind Mapping digunakanan lebih dari 250 Juta orang dari berbagai kalangan di seluruh dunia. Diantaranya, Sekolah-sekolah Internasional dan tokoh-tokoh dunia: Dr Ken Blanchard (penulis The One Minute Manager), Microsoft, Boeing, Con Edison (pemasok gas dan listrik di New York) adalah beberapa contoh orang dan bisnis yang menggunakan Peta Pikiran.
?    pedoman Mind map
Buzan menyarankan pedoman berikut untuk membuat peta pikiran:
1.    Mulai di pusat dengan gambar topik, menggunakan setidaknya 3 warna.
2.    Gunakan gambar, simbol, kode, dan dimensi seluruh peta pikiran Anda.
3.    Pilih kata kunci dan mencetak menggunakan atas atau huruf kecil.
4.    Setiap kata / gambar yang terbaik sendirian dan duduk pada baris sendiri.
5.    Garis harus terhubung, mulai dari gambar pusat.  Garis pusat adalah tebal, organik dan tipis karena mereka memancar keluar dari pusat.
6.     Buatlah garis panjang yang sama dengan kata / gambar yang mereka dukung.
7.     Gunakan beberapa warna di seluruh peta pikiran, untuk stimulasi visual   dan juga untuk mengkodekan atau kelompok.
8.    Mengembangkan gaya pribadi Anda dari pemetaan pikiran.
9.     Gunakan asosiasi penekanan dan menunjukkan dalam peta pikiran Anda.
10.    Jauhkan peta pikiran yang jernih dengan menggunakan hirarki radial, urutan numerik atau menguraikan merangkul cabang Anda.
11.    Daftar ini sendiri lebih ringkas daripada versi prosa dari informasi yang sama dan peta pikiran pedoman itu sendiri dimaksudkan agar lebih mudah diingat dan lebih cepat untuk memindai dari baik prosa atau daftar.

B.    Prinsip Model Pembelajaran mind mapping
Prinsip Mind Mapping sama dengan Prinsip Otak Manusia, yaitu :
1.    Bekerja secara alamiah cara berpikir
2.    Bekerja secara berpencar ke segala arah (radian)
3.    Mengeksplorasi fungsi-fungsi otak dan tetap fokus
4.    Bekerja secara organisasional menyeluruh dari pokok masalah dengan teratur
5.    Menangkap berbagai pikiran dari segala arah
6.    Tempat berkumpulnya ide-ide dan kreativitas yang hebat luar biasa
7.    Mengumpulkan semua detail informasi ke satu tempat dan mengeluarkan informasi itu saat dibutuhkan.

C.    Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran mind mapping
?    Kelebihan Model Pembelajaran mind mapping
Adapun kelebihan strategi maind mapping menurut Bobbi Deporter (2003:145) adalah sebagai berikut :
1.    Melihat seluruh gambaran secara sekilas.
2.    Mengingat detail secara mudah.
3.    Melihat hubungan antara gagasan dan konsep.
4.    Bekerjasama dengan otak siswa, bukan bertentang dengannya.
5.    Menyingkirkan “format outline”yang membosankan, selamanya.
6.    Cara ini cepat
7.    Teknik dapat digunakan untuk mengorganisasikan ide-ide yang   muncul dikepala anda
8.    Proses mengganbar diagram bisa memunculkan ide-ide yang lain.
9.    Diagram yang sudah terbentuk bisa menjadi panduan untuk menulis.
Menurut Mike Hernacki (2011:157) mengemukakan sebenarnya pembuatan mind mapping sangat  mudah dengan mengikuti langkah-langkah ataupun kiat mempermudah dalam pembuatan mind mapping. Inilah beberapa kiat-kiat yang dapat anda lakukan untuk membuat catatan dengan menggunakan mind mapping agar lebih mudah diingat sebagai berikut :
?    Tulisan secara rapih dengan menggunakan huruf-huruf KAPITAL.
?    Tulislah gagasan-gagasan penting dengan huruf-huruf yang lebih besar sehingga mereka langsung menonjol begitu siswa membuka kembali catatannya.
?    Ditengah kertas, buatlah lingkaran dari gagasan utamanya.
?    Tambahkan sebuah cabang dari pusatnya untuk tiap-tiap point kunci gunakan pulpen warna-warni.
?    Tulislah kata kunci pada tiap cabang, dengan mengembangkan untuk menambahkan detail-detail.
Dari uraian tersebut, peta pikiran (mind mapping) adalah satu teknik mencatat yang mengembangkan gaya belajar visual. Peta pikiran memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak yang terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya keterlibatan kedua belahan otak maka kan memudahkan seserorang untuk mengatur dan mengingat segala bentuk informasi, baik secara tertulis maupun secara verbal. Adanya kombinasi warna, simbol, bentuk dan sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima. Peta pikiran yang dibuat oleh siswa dapat bervariasi setiap hari. Hal ini disebabkan karena berbedanya emosi dan perasaan yang terdapat dalam diri siswa setiap harinya. Suasana menyenangkan yang diperoleh siswa ketika berada di ruang kelas pada saat proses belajar akan mempengaruhi penciptaan peta pikiran. Tugas guru dalam proses belajar adalah menciptakan suasana yang dapat mendukung kondisi belajar siswa terutama dalam proses pembuatan mind mapping.

?    Kekurangan Model pembelajaran mind mapping
Adapun kekurangan yang dimiliki oleh model mind mapping  atau Pemetaan pikiran  tidak mudah untuk mengubah cara siswa dalam melakukan sesuatu, dan mengubah bentuk sistem linear yang kita telah diajarkan untuk menggunakan sejak kecil untuk cara yang sangat berbeda menuliskan catatan memerlukan upaya besar bahwa banyak orang tidak siap untuk membuat.
 Selain itu, ketika siswa mendekati subjek baru, siswa  mungkin tidak memiliki pemahaman yang cukup jelas untuk dapat mengatur pikiran siswa tentang hal itu dari awal.  Untuk membuat peta pikiran yang baik, siswa harus memilih subjek utama siswa  dan ide-ide anak di sekitarnya, dan kata kunci yang sesuai.  Jika siswa tidak siap untuk melakukan itu, maka linier catatan-taking mungkin lebih tepat.  
 Dengan peta pikiran, semuanya seharusnya terkandung pada satu halaman, tetapi siswa tidak perlu tahu di mana subjek yang akan membawa siswa dan berapa banyak ruang yang harus dialokasikan untuk kelompok sub-tertentu.  Hal ini dapat menjengkelkan ketika siswa ingin menambahkan sesuatu untuk kategori dan tidak ada cukup ruang di bagian halaman.
 Meskipun pemetaan pikiran dikatakan lebih intuitif dibandingkan linier catatan-taking yang tidak sepenuhnya benar.  Ini bukan hanya karena kita selalu menggunakan metode linear yang kita merasa nyaman.  Bahasa adalah pendengaran pertama dan utama, dan menulis adalah menerjemahkan pesan pendengaran menjadi bentuk yang lebih permanen.
D.    Langkah – langkah Model pembelajaran mind mapping
Cara membuat mind mapping, terlebih dahulu siapkan selembar kertas kosong yang diatur dalam posisi landscape kemudian tempatan topik yang akan dibahas di tengah-tengah halaman kertas dengan posisi horizontal. Usahakan menggunakan gambar, simbol atau kode pada mind mapping yang dibuat. Dengan visualisasi kerja otak kiri yang bersifat rasional, numerik dan verbal bersinergi dengan kerja otak kanan yang bersifat imajinatif, emosi, kreativitas dan seni. Dengan ensinergikan potensi otak kiri dan kanan, siswa dapat dengan lebih mudah menangkap dan menguasai materi pelajaran.
Selain itu, siswa dapat menggunakan kata-kata kunci sebagai asosiasi terhadap suatu ide pada setiap cabang pemikiran berupa sebuah kata tunggal serta bukan kalimat. Setiap garis-garis cabang saling berhubungan hingga ke pusat gambar dan diusahakan garis-garis yang dibentuk tidak lurus agar tidak membosankan. Garis-garis cabang sebaiknya dibuat semakin tipis begitu bergerak menjauh dari gambar utama untuk menandakan hirarki atau tingkat kepentingan dari masing-masing garis.
Mind merupakan gagasan berbagai imajinasi. Mind merupakan suatu keadaan yang timbul bila otak (brain) hidup da sedang bekerja (Taufik Bahaudin, 1999: 53). Lebih lanjut Bobbi de Porter dan Hernacki (199: 152) menjelaskan, peta pikiran merupakan teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk suatu kesan yang lebih dalam.

Ingatan merupakan suatu proses biologi, yaitu pemberian kode-kode terhadap informasi dan pemanggilan informasi kembali ketika informasi tersebut dibutuhkan. Pada dasarnya ingatan adalah sesuatu yang membentuk jati diri manusia dan membedakan manusia dari mahluk hidup lainnya. Ingatan memberikan titik-titik rujukan pada masa lalu dan perkiraan pada masa depan. Ingatan merupakan reaksi kimia elektrokimia yang rumit yang diaktifkan melalui beragam saluran inderawi dan disimpan dalam jaringan saraf yang sangat rumit dan unik di seluruh bagian otak. Ingatan dibentuk melalui berfikir, bergerak dan mengalami hidup (rangsangan inderawi). Semua pengalaman yang dirasakan akan disimpan dalam otak, kemudian akan diolah dan diurutkan oleh struktur dan proses otak mengenai nilai dan kegunaannya ( Eric Jensen. 2002:21 )
     Secara umum otak kiri memainkan peranan penting dalam pemrosesan logika.kata-kata, matematika dan urutan atau yang disebut sebagai otak yang berkaitan dengan pembelajaran akademis. Otak kanan berkaitan dengan irama, rima, musik. Gambar dan imajinasi atau yang disebut sebagai otak berkaitan dengan aktivitas kreatif. Kedua belahan otak ini dihubungkan oleh corpus collosum yang secara konstan manyeimbangkan pesan-pesan yang datang dan menggabungkan gambar yang abstrak dan holistik dengan pesan kongkret dan logis ( Gordon Dryden Jeannette Vos. 2003:125).
Sebagian besar orang hanya menggunakan otak kirinya sebagai berkomunikasi dan perolehan informasi dalam bentuk verbal ataupun tertulis. Bidang pendidikan, bisnis, dan sains cenderung yang digunakan adalah otak belahan kiri. Dalam proses belajar siswa selalu dituntut untuk mempergunakan belahan otak kiri ketika menerima materi pelajaran. Materi pelajaran akan diubah dan diolah dalam bentuk ingatan. Terkadang siswa tidak dapat mempertahankaan ingatan tersebut dalan jangka waktu yang lama. Hal itu disebabkan karena tidak adanya keseimbangan antara kedua belahan otak yang akhirnya dapat menimbulkan terganggunya kesehatan fisik dan mental seseorang.
Untuk menyeimbangkan kecenderungan salah satu belahan otak maka diperlukan adanya masukan musik dan estetika dalam proses belajar. Masukan musik dan estetika dapat memberikan umpan balik positif sehingga dapat menimbulkan emosi positif yang membuat kerja otak lebih efektif ( Bobbi de Porter dan Hernacki.1999:38 )
Otak tidak dapat langsung mengolah informasi menjadi bentuk rapi dan teratur melainkan harus mencari, memilih, merumuskan dan merangkainya dalam gambar-gambar, simbol-simbol, suara, citra, bunyi dan perasaan sehingga informasi yang keluar satu persatu dihubungkan oleh logika, diatur oleh bahasa dan menghasilkan arti yang dipahami. Teknik mencatat dapat terbagi menjadi dua bagian. Pertama catat, tulis, susun (CTS), yaitu teknik mencatat yang mampu mensinergiskan kerja otak kiri dengan otak kanan, sehingga konsentrasi belajar dapat meningkat sepuluh kali lipat. Catat , tulis , susun , menghubungkan apa yang didengaran menjadi poin-poin utama dan menuliskan pemkiran dan kesan dari materi pelajaran yang telah dipelajari (Bobbi de Portyer dan Hernacki, 1999: 152).
Selain cara di atas ada lagi cara untuk pembuatan mind mapping yaitu menurut Bobbi Deporter dan Mike Hernacki (2011:156) adapun langkah-langkah strategi mind mapping diantaranya :
1)    Tulis gagasan utamanya
Sebelum menyampaikan materi dengan menggunakan mind mapping, guru memberitahukan tujuan dan manfaat dari materi yang akan kita pelajari, karena akan membantu siswa untuk mengingatnya, siapkan kertas terlebih dahulu, kemudian tulis gagasan utamanya ditengah-tengah kertas dan lingkupilah dengan lingkaran atau dengan bentuk lain sesuka hati, misalnya peta pikiran saya dilingkupi dengan menggunakan gambar.
2)    Tambahkan sebuah cabang
Dalam fase ini, guru sudah memberikan materi prasyarat yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan sehingga siswa setiap siswa harus benar-benar memahami materi yang disajikan, tambahkan sebuah cabang yang keluar dari pusatnya untuk setiap point atau sub pokok. Jumlah cabang-cabangnya akan bervariasi, tergantung warna yang berbeda untuk setiap cabang.
3)    Menulis kata kunci
Dalam fase ini, setiap siswa diarahkan untuk menulis kata kunci atau frase pada tiap-tiap cabang yang dikembangkan untuk detail. Kata -kata kunci adalah kata yang menyampaikan inti dari sebuah gagasan dan memicu ingatan siswa, apabila ada siswa yang menggunakan singkatan, pastikankepada siswa mengenal dan mengingat singkatan-singkatan tersebut sehingga anda dengan mudah segera mengingatnya artinya selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelahnya.
4)    Pada tahap ini siswa untuk menambahkan simbol-simbol dan ilustrasi-ilustrasi untuk mendapatkan ingatan yang lebih baik.

Ditinjau dari langkah-langkah strategi mind mapping ini menunjukkan bahwa strategi mind mapping (peta pikiran) merupakan tehnik penyusunan catatan demi membantu siswa menggunakan seluruh potensi otak agar optimum. Caranya, menngabungkan kerja otak bagian kiri dan kanan. Dengan strategi mind mapping siswa dapat meningkatkan daya ingat.
?    Contoh Metode Mind MappingMetode belajar ini dapat dilakukan dan diterapkan baik dari anak-anak sampai dewasa. Cukup menyenangkan bukan ?? Tapi dengan ada metode seperti ini, kamu juga diharuskan membuat alur agar mempermudah untuk dimengerti. Seperti contoh pada gambar dibawah ini adalah salah seorang tokoh yang sukes.
Dari gambar kamu dapat menemukan berbagai macam cabang pemikiran dan akan terus berkembang hingga menjadi lebih besar percabangan . Dan untuk mempermudah kembali, kamu menggunakan berbagai macam alat tulis berwarna, minimal 3 buah warna.
Metode mind mapping ini sudah ada di Indonesia pada tahun 2003 dan sudah mulai berkembang hingga sekarang ini. Tidak perlu susah payah untuk belajar dengan metode ini. Jika kamu punya laptop atau komputer maka kamu juga dapat belajar dengan metode ini, dengan cara menggunakan aplikasi PAINT.
Jika kamu juga merasa kurang puas dalam pembelajaran dengan menggunakan aplikasi PAINT di laptop atau komputer, kamu juga dapat mendownload aplikasi mind mapping disini secara gratis. Aplikasi ini bernama XMIND dan memiliki fitur lengkap dalam mendukung pembelajaran mind mapping

 

2 komentar: